Internet Satelit Solusi Internet Wilayah 3T

Wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar atau yang sering disingkat 3T masih terkendala dengan kualitas koneksi internet yang rendah atau bahkan belum ada sama sekali. Bayangkan jika seorang ibu di desa memiliki produk dengan kualitas tinggi namun tidak bisa memasarkan produknya dengan maksimal karena keterbatasan akses internet mangoe sky. Atau seseorang yang memiliki usaha tempat wisata namun sepi pengunjung karena tidak dapat mengakses media sosial untuk promosi. Atau mungkin para siswa di desa yang belum menggunakan ujian berbasis komputer seperti anak-anak di kota hanya karena belum ada internet desa.

Rendahnya kualitas internet di wilayah 3T disebabkan karena infrastruktur penunjang belum dibangun di wilayah-wilayah tersebut. Wilayah Indonesia terbentang dari Sabang hingga Merauke dan berbentuk kepulauan. Perlu dana yang besar dari pemerintah untuk membangun infrastruktur tersebut, belum lagi proses politik dan penganggaran dana yang bisa berbelit-belit. Tahun ini pemerintah menganggarkan sekitar 7 triliun rupiah untuk proyek Palapa Ring untuk membangun infrastruktur internet kabel. Namun itu saja hanya untuk menghubungkan daerah kota dan kabupaten. Proyek tersebut belum mampu mencakup wilayah desa dan kecamatan meski dengan biaya triliunan rupiah.

Lalu, apakah warga desa hanya bisa berpangku tangan menunggu pembangunan yang masih belum jelas kapan datangnya? Jawabannya tidak. Sebab, ada solusi lain selain menggunakan internet berbasis kabel yaitu internet berbasis satelit. Seperti telah dijelaskan di paragraf sebelumnya, infrastruktur internet kabel belum dibangun secara merata karena pembangunannya memerlukan biaya yang besar dan harus berada di semua wilayah yang membutuhkan koneksi internet.

Hal ini berbeda dengan internet satelit yang sumbernya berasal “dari langit”. Mengapa dikatakan demikian? Seperti namanya, internet satelit menggunakan satelit yang ada di langit sebagai penghantar sinyal internet. Maka dari itu, internet berbasis satelit dapat langsung memancarkan sinyal dengan jangkauan yang lebih luas.

Karena alasan itu pula, internet satelit mampu menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia. Tidak terhalang bukit atau gunung yang mungkin menghalangi sinyal seperti pada kasus internet darat pada umumnya. Jika ingin memasang layanan internet ini, Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda memiliki tempat yang memiliki pemandangan jelas ke langit untuk memasang perangkat parabola. Sebagai bonus, jika Anda menggunakan penyedia layanan internet satelit seperti MangoeStar, Anda juga mendapat pemasangan TV kabel, lho!

Leave a Reply